Jumat, 10 Mei 2013

Tafakur Bagian 2



Hanya kepada Mu ya Alloh aku mohon petunjuk dan pertolongan

   

Tafakur
Perjalanan spiritual mencari Ajaran Murni – Seri 2
Who Am I ?
Oleh : Juhdi Mulyadi


                                         

Perjalanan spiritual pertama yang yang aku jalani adalah mencari jati diri,
Seperti judul Film “ Who am I ? “
Jadi ingat masa lalu .....
Zaman sekolah dulu saat belajar Biologi, tentang jenis hewan dan tumbuhan termasuk organ – organ nya. Waktu itu tidak terpikir sedikitpun dalam benaku tentang siapa yang men-Design semuanya itu.
Maklum Otak ku pada saat itu masih Original belum mengenal Analisa .... he he he he.

Suatu malam....aku memandangi anakku yang lagi terlelap tidur terus aku merenung sambil berpikir, sudah besar ya dia hmmm...tak terasa waktu begitu cepat berlalu padahal aku tahu betul proses awalnya ... dari suatu cairan yang dipancarkan , koq sekarang bisa menjadi seperti ini ya.

Tiba – tiba hal tersebut menyadarkanku bahwa akupun berasal dari proses dan bahan sama, kemudian akupun menyalakan komputer dan mencari file Al Quran Digital setelah ketemu lalu kubuka file tersebut ( maklum kita kan hidup di zaman Modern...he he he ). Tinggal input kata yang diinginkan dalam kolom pencarian maka munculah ayat-ayat yang berhubungan dengan kata tersebut ...... gampang kan ?

Terus ..... akupun mulai mengkaji dan merenungkan darimana aku berasal,
bagaimanakah prosesnya aku diciptakan, dan apakah tujuan aku diciptakan , serta kemanakah ahir dari perjalananku. Menurut Al Quran yang mulia berikut ini.
Tujuan Penciptaan

S U R A T   A L - I N S A A N  ( 76 : 2 )

Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur yang Kami hendak mengujinya (dengan perintah dan larangan), karena itu Kami jadikan dia mendengar dan melihat.


S U R A T   A D Z - D Z A R I A T

51:56. Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.

Suatu hari nanti kita akan dimintai pertanggungjawaban

S U R A T   A L - Q I Y A M A H

75:36. Apakah manusia mengira, bahwa ia akan dibiarkan begitu saja (tanpa pertanggungjawaban)?

Proses Penciptaan

S U R A T   A L - ' A N K A B U T

29:19. Dan apakah mereka tidak memperhatikan bagaimana Allah menciptakan (manusia) dari permulaannya, kemudian mengulanginya (kembali).  Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.

S U R A T   A T H - T H A R I Q

86:5. Maka hendaklah manusia memperhatikan dari apakah dia diciptakan?

S U R A T   A L - A ' R A F

7:172. Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi". (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)",
Ya ..Alloh ….Ternyata Jiwaku sudah Bersyahadat

S U R A T   A L - B A Q A R A H

2:28. Mengapa kamu kafir kepada Allah, padahal kamu tadinya mati, lalu Allah menghidupkan kamu, kemudian kamu dimatikan dan dihidupkan-Nya kembali, kemudian kepada-Nya-lah kamu dikembalikan?
 

Ya .. Alloh ternyata aku dulu seperti ini
Lemah dan tidak berdaya, tidak bisa apa-apa dan tidak tahu apa-apa.

S U R A T   A L - H A J J

22:5. Hai manusia, jika kamu dalam keraguan tentang kebangkitan (dari kubur), maka (ketahuilah) sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu dan Kami tetapkan dalam rahim, apa yang Kami kehendaki sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampailah kepada kedewasaan, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dipanjangkan umurnya sampai pikun, supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatupun yang dahulunya telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air di atasnya, hiduplah bumi itu dan suburlah dan menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang indah.

22:6. Yang demikian itu, karena sesungguhnya Allah, Dialah yang hak dan sesungguhnya Dialah yang menghidupkan segala yang mati dan sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala suatu,

S U R A T   A N - N A H L

16:4. Dia telah menciptakan manusia dari mani, tiba-tiba ia menjadi pembantah yang nyata.

S U R A T   A L - M U ' M I N U N

23:13. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim).

23:14. Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha Suci lah Allah, Pencipta Yang Paling Baik.

S U R A T   A S - S A J A D A H

32:7. Yang membuat segala sesuatu yang Dia ciptakan sebaik-baiknya dan Yang memulai penciptaan manusia dari tanah.

32:8. Kemudian Dia menjadikan keturunannya dari saripati air yang hina (air mani).

32:9. Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalam (tubuh) nya roh (ciptaan) -Nya dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati; (tetapi) kamu sedikit sekali bersyukur.

S U R A T   F A T H I R

35:11. Dan Allah menciptakan kamu dari tanah kemudian dari air mani, kemudian Dia menjadikan kamu berpasangan (laki-laki dan perempuan). Dan tidak ada seorang perempuanpun mengandung dan tidak (pula) melahirkan melainkan dengan sepengetahuan-Nya. Dan sekali-kali tidak dipanjangkan umur seorang yang berumur panjang dan tidak pula dikurangi umurnya, melainkan (sudah ditetapkan) dalam Kitab (Lohmahfuz).  Sesungguhnya yang demikian itu bagi Allah adalah mudah.

S U R A T   Y A S I N

36:77. Dan apakah manusia tidak memperhatikan bahwa Kami menciptakannya dari setitik air (mani), maka tiba-tiba ia menjadi penantang yang nyata!

S U R A T   A L - M U ' M I N

40:67. Dia-lah yang menciptakan kamu dari tanah kemudian dari setetes, air mani, sesudah itu dari segumpal darah, kemudian dilahirkannya kamu sebagai seorang anak, kemudian (kamu dibiarkan hidup) supaya kamu sampai kepada masa (dewasa), kemudian (dibiarkan kamu hidup lagi) sampai tua, di antara kamu ada yang diwafatkan sebelum itu. (Kami perbuat demikian) supaya kamu sampai kepada ajal yang ditentukan dan supaya kamu memahami (nya).

S U R A T   A L - M A ' A R I J

70:39. Sekali-kali tidak! Sesungguhnya Kami ciptakan mereka dari apa yang mereka ketahui (air mani).

S U R A T   A L - Q I Y A M A H

75:37. Bukankah dia dahulu setetes mani yang ditumpahkan (ke dalam rahim),

75:38. kemudian mani itu menjadi segumpal darah, lalu Allah menciptakannya, dan menyempurnakannya,


S U R A T   A L - I N S A A N

76:2. Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur yang Kami hendak mengujinya (dengan perintah dan larangan), karena itu Kami jadikan dia mendengar dan melihat.

S U R A T   A B A S A

80:18. Dari apakah Allah menciptakannya?

80:19. Dari setetes mani, Allah menciptakannya lalu menentukannya.

80:20. Kemudian Dia memudahkan jalannya,

80:21. kemudian Dia mematikannya dan memasukkannya ke dalam kubur,

80:22. kemudian bila Dia menghendaki, Dia membangkitkannya kembali.

Subhanalloh , Alhamdulillah ya Alloh Engkau telah memberikan petunjuk dan pemahaman kepadaku.

S U R A T   A D Z - D Z A R I A T

51:20. Dan di bumi itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang yakin,

51:21. dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tiada memperhatikan?


Proses Sakaratul Maut dan Kematian

S U R A T   M U H A M M A D

47:27. Bagaimanakah (keadaan mereka) apabila malaikat (maut) mencabut nyawa mereka seraya memukul muka mereka dan punggung mereka?

S U R A T   A N - N I S A '

4:18. Dan tidaklah tobat itu diterima Allah dari orang-orang yang mengerjakan kejahatan (yang) hingga apabila datang ajal kepada seseorang di antara mereka, (barulah) ia mengatakan: "Sesungguhnya saya bertobat sekarang" Dan tidak (pula diterima tobat) orang-orang yang mati sedang mereka di dalam kekafiran. Bagi orang-orang itu telah Kami sediakan siksa yang pedih.

S U R A T   A L - Q I Y A M A H

75:26. Sekali-kali jangan. Apabila nafas (seseorang) telah (mendesak) sampai ke kerongkongan,

S U R A T   A N - N A Z I ' A T

79:1. Demi (malaikat-malaikat) yang mencabut (nyawa) dengan keras,

79:2. dan (malaikat-malaikat) yang mencabut (nyawa) dengan lemah-lembut,

S U R A T   A L - A N F A A L

8:50. Kalau kamu melihat ketika para malaikat mencabut jiwa orang-orang yang kafir seraya memukul muka dan belakang mereka (dan berkata): "Rasakanlah olehmu siksa neraka yang membakar", (tentulah kamu akan merasa ngeri).

S U R A T   A N - N I S A '

4:78. Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendati pun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh, dan jika mereka memperoleh kebaikan, mereka mengatakan: "Ini adalah dari sisi Allah", dan kalau mereka ditimpa sesuatu bencana mereka mengatakan: "Ini (datangnya) dari sisi kamu (Muhammad)". Katakanlah: "Semuanya (datang) dari sisi Allah". Maka mengapa orang-orang itu (orang munafik) hampir-hampir tidak memahami pembicaraan sedikit pun?

S U R A T   A L - A N ' A A M

6:2. Dialah Yang menciptakan kamu dari tanah, sesudah itu ditentukannya ajal (kematianmu), dan ada lagi suatu ajal yang ditentukan (untuk berbangkit) yang ada pada sisi-Nya (yang Dia sendirilah mengetahuinya), kemudian kamu masih ragu-ragu (tentang berbangkit itu).

6:61. Dan Dialah yang mempunyai kekuasaan tertinggi di atas semua hamba-Nya, dan diutus-Nya kepadamu malaikat-malaikat penjaga, sehingga apabila datang kematian kepada salah seorang di antara kamu, ia diwafatkan oleh malaikat-malaikat Kami, dan malaikat-malaikat Kami itu tidak melalaikan kewajibannya.
                                                                                                
S U R A T   A L - W A Q I ' A H

56:60. Kami telah menentukan kematian di antara kamu dan Kami sekali-kali, tidak dapat dikalahkan,


Proses setelah Kematian

S U R A T   A L - B A Q A R A H

2:154. Dan janganlah kamu mengatakan terhadap orang-orang yang gugur di jalan Allah, (bahwa mereka itu) mati; bahkan (sebenarnya) mereka itu hidup, tetapi kamu tidak menyadarinya.

S U R A T   A Z - Z U M A R

39:42. Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; maka Dia tahanlah jiwa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditentukan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berpikir.


S U R A T   F A T H I R

35:22. dan tidak (pula) sama orang-orang yang hidup dan orang-orang yang mati. Sesungguhnya Allah memberikan pendengaran kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan kamu sekali-kali tiada sanggup menjadikan orang yang di dalam kubur dapat mendengar.

S U R A T   A L - M U M T A H A N A H

60:13. Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu jadikan penolongmu kaum yang dimurkai Allah, sesungguhnya mereka telah putus asa terhadap negeri akhirat sebagaimana orang-orang kafir yang telah berada dalam kubur berputus asa.

S U R A T   A B A S A

80:21. kemudian Dia mematikannya dan memasukkannya ke dalam kubur,

S U R A T   A L - M U ' M I N U N

23:100. agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak.  Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkannya saja. Dan di hadapan mereka ada dinding sampai hari mereka dibangkitkan

S U R A T   A L - M U ' M I N

40:46. Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya Kiamat.  (Dikatakan kepada malaikat): "Masukkanlah Firaun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras".

Kiamat dan Hari dibangkitkan

Penyesalan Manusia

S U R A T   A L - A N ' A A M

6:31. Sungguh telah rugilah orang-orang yang mendustakan pertemuan mereka dengan Tuhan; sehingga apabila kiamat datang kepada mereka dengan tiba-tiba, mereka berkata: "Alangkah besarnya penyesalan kami terhadap kelalaian kami tentang kiamat itu!", sambil mereka memikul dosa-dosa di atas punggungnya.  Ingatlah, amatlah buruk apa yang mereka pikul itu.

S U R A T   Y U N U S

10:54. Dan kalau setiap diri yang lalim (musyrik) itu mempunyai segala apa yang ada di bumi ini, tentu dia menebus dirinya dengan itu, dan mereka menyembunyikan penyesalannya ketika mereka telah menyaksikan azab itu. Dan telah diberi keputusan di antara mereka dengan adil, sedang mereka tidak dianiaya.

S U R A T   M A R Y A M

19:39. Dan berilah mereka peringatan tentang hari penyesalan, (yaitu) ketika segala perkara telah diputus. Dan mereka dalam kelalaian dan mereka tidak (pula) beriman.

S U R A T   S A B A '

34:33. Dan orang-orang yang dianggap lemah berkata kepada orang-orang yang menyombongkan diri: "(Tidak) sebenarnya tipu daya (mu) di waktu malam dan siang (yang menghalangi kami), ketika kamu menyeru kami supaya kami kafir kepada Allah dan menjadikan sekutu-sekutu bagi-Nya". Kedua belah pihak menyatakan penyesalan tatkala mereka melihat azab. Dan Kami pasang belenggu di leher orang-orang yang kafir.  Mereka tidak dibalas melainkan dengan apa yang telah mereka kerjakan.

Saat dibangkitkan

S U R A T   A L - A N ' A A M

6:30. Dan seandainya kamu melihat ketika mereka dihadapkan kepada Tuhannya (tentulah kamu melihat peristiwa yang mengharukan). Berfirman Allah: "Bukankah (kebangkitan) ini benar?" Mereka menjawab: "Sungguh benar, demi Tuhan kami". Berfirman Allah: "Karena itu rasakanlah azab ini, disebabkan kamu mengingkari (nya)".

S U R A T   A L - A ' R A F

7:25. Allah berfirman: "Di bumi itu kamu hidup dan di bumi itu kamu mati, dan dari bumi itu (pula) kamu akan dibangkitkan.

7:57. Dan Dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa berita gembira sebelum kedatangan rahmat-Nya (hujan); hingga apabila angin itu telah membawa awan mendung, Kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu Kami turunkan hujan di daerah itu, maka Kami keluarkan dengan sebab hujan itu pelbagai macam buah-buahan. Seperti itulah Kami membangkitkan orang-orang yang telah mati, mudah-mudahan kamu mengambil pelajaran.

S U R A T   L U Q M A N

31:28. Tidaklah Allah menciptakan dan membangkitkan kamu (dari dalam kubur) itu melainkan hanyalah seperti (menciptakan dan membangkitkan) satu jiwa saja. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.

S U R A T   F A T H I R

35:9. Dan Allah, Dialah Yang mengirimkan angin; lalu angin itu menggerakkan awan, maka Kami halau awan itu ke suatu negeri yang mati lalu Kami hidupkan bumi setelah matinya dengan hujan itu. Demikianlah kebangkitan itu.

S U R A T   Y A S I N

36:52. Mereka berkata: "Aduh celakalah kami!  Siapakah yang membangkitkan kami dari tempat tidur kami (kubur)?" Inilah yang dijanjikan (Tuhan) Yang Maha Pemurah dan benarlah Rasul-rasul (Nya).

S U R A T   A L - Q A M A R

54:7. sambil menundukkan pandangan-pandangan mereka keluar dari kuburan seakan-akan mereka belalang yang beterbangan,

54:8. mereka datang dengan cepat kepada penyeru itu. Orang-orang kafir berkata: "Ini adalah hari yang berat".

S U R A T   A N - N A Z I ' A T

79:46. Pada hari mereka melihat hari berbangkit itu, mereka merasa seakan-akan tidak tinggal (di dunia) melainkan (sebentar saja) di waktu sore atau pagi hari.

Hari Kiamat

S U R A T   A L - I M R O N

3:185. Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barang siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.

S U R A T   A L - A ' R A F

7:187. Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba". Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya.  Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui".


S U R A T   Y U S U F

12:107. Apakah mereka merasa aman dari kedatangan siksa Allah yang meliputi mereka, atau kedatangan kiamat kepada mereka secara mendadak, sedang mereka tidak menyadarinya?

S U R A T   T H A H A

20:15. Sesungguhnya hari kiamat itu akan datang Aku merahasiakan (waktunya) agar supaya tiap-tiap diri itu dibalas dengan apa yang ia usahakan.


S U R A T   A L - H A J J

22:1. Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu; sesungguhnya keguncangan hari kiamat itu adalah suatu kejadian yang sangat besar (dahsyat).

22:2. (Ingatlah) pada hari (ketika) kamu melihat keguncangan itu, lalailah semua wanita yang menyusui anaknya dari anak yang disusuinya dan gugurlah kandungan segala wanita yang hamil, dan kamu lihat manusia dalam keadaan mabuk, padahal sebenarnya mereka tidak mabuk, akan tetapi azab Allah itu sangat keras.

S U R A T   A L - W A Q I ' A H

56:1. Apabila terjadi hari kiamat,

56:2. terjadinya kiamat itu tidak dapat didustakan (disangkal).

56:3. (Kejadian itu) merendahkan (satu golongan) dan meninggikan (golongan yang lain),

56:4. apabila bumi digoncangkan sedahsyat-dahsyatnya,

56:5. dan gunung-gunung dihancur luluhkan sehancur-hancurnya,

56:6. maka jadilah dia debu yang beterbangan,

56:7. dan kamu menjadi tiga golongan.


69:13. Maka apabila sangkakala ditiup sekali tiup,

69:14. dan diangkatlah bumi dan gunung-gunung, lalu dibenturkan keduanya sekali bentur.

69:15. Maka pada hari itu terjadilah hari kiamat,

69:16. dan terbelahlah langit, karena pada hari itu langit menjadi lemah.



S U R A T   A L - M A ' A R I J

70:8. Pada hari ketika langit menjadi seperti luluhan perak.

70:9. Dan gunung-gunung menjadi seperti bulu (yang beterbangan),

70:10. Dan tidak ada seorang teman akrab pun menanyakan temannya,

70:11. Sedang mereka saling melihat. Orang kafir ingin kalau sekiranya dia dapat menebus (dirinya) dari azab hari itu dengan anak-anaknya.

S U R A T   A L - M U R S A L A T

77:7. sesungguhnya apa yang dijanjikan kepadamu itu pasti terjadi.

77:8. Maka apabila bintang-bintang telah dihapuskan,

77:9. dan apabila langit telah dibelah,

77:10. dan apabila gunung-gunung telah dihancurkan menjadi debu,

S U R A T   A T - T A K W I R

81:1. Apabila matahari digulung,

81:2. dan apabila bintang-bintang berjatuhan,

81:3. dan apabila gunung-gunung dihancurkan,

81:6. dan apabila lautan dipanaskan,

81:7. dan apabila ruh-ruh dipertemukan (dengan tubuh),

S U R A T   A L - I N S Y I Q A Q

84:1. Apabila langit terbelah,

84:2. dan patuh kepada Tuhannya, dan sudah semestinya langit itu patuh,

84:3. dan apabila bumi diratakan,

84:4. dan memuntahkan apa yang ada di dalamnya dan menjadi kosong,

84:5. dan patuh kepada Tuhannya, dan sudah semestinya bumi itu patuh, (pada waktu itu manusia akan mengetahui akibat perbuatannya).

Kembali kepada Alloh

S U R A T   A L - B A Q A R A H

2:45. Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) salat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk,

2:46. (yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya.

2:281. Dan peliharalah dirimu dari (azab yang terjadi pada) hari yang pada waktu itu kamu semua dikembalikan kepada Allah. Kemudian masing-masing diri diberi balasan yang sempurna terhadap apa yang telah dikerjakannya, sedang mereka sedikit pun tidak dianiaya (dirugikan).


S U R A T   A L - I M R O N

3:83. Maka apakah mereka mencari agama yang lain dari agama Allah, padahal kepada-Nya-lah berserah diri segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan suka maupun terpaksa dan hanya kepada Allahlah mereka dikembalikan.

3:109. Kepunyaan Allah lah segala yang ada di langit dan di bumi; dan kepada Allah lah dikembalikan segala urusan.

HAri Pembalasan

CAtatan Amal

S U R A T   A L - M U T H A F F I F I N

83:7. Sekali-kali jangan curang, karena sesungguhnya kitab orang yang durhaka tersimpan dalam sijjin.

83:8. Tahukah, kamu apakah sijjin itu?

83:9. (Ialah) kitab yang bertulis.

83:18. Sekali-kali tidak, sesungguhnya kitab orang-orang berbakti itu (tersimpan) dalam 'Illiyyin.

83:19. Tahukah kamu apakah 'Illiyyin itu?

83:20. (Yaitu) kitab yang bertulis,

83:21. yang disaksikan oleh malaikat-malaikat yang didekatkan (kepada Allah).

83:22. Sesungguhnya orang yang berbakti itu benar-benar berada dalam keni'matan yang besar (surga),

S U R A T   A Z - Z U M A R

39:69. Dan terang benderanglah bumi (padang mahsyar) dengan cahaya (keadilan) Tuhannya; dan diberikanlah buku (perhitungan perbuatan masing-masing) dan didatangkanlah para nabi dan saksi-saksi dan diberi keputusan di antara mereka dengan adil, sedang mereka tidak dirugikan.

S U R A T   A L - J A T S I Y A H

45:28. Dan (pada hari itu) kamu lihat tiap-tiap umat berlutut. Tiap-tiap umat dipanggil untuk (melihat) buku catatan amalnya. Pada hari itu kamu diberi balasan terhadap apa yang telah kamu kerjakan.

S U R A T   A L - Q A M A R

54:52. Dan segala sesuatu yang telah mereka perbuat tercatat dalam buku-buku catatan.

S U R A T   A L - I N S Y I Q A Q

84:7. Adapun orang yang diberikan kitabnya dari sebelah kanannya,

84:8. maka dia akan diperiksa dengan pemeriksaan yang mudah,

84:9. dan dia akan kembali kepada kaumnya (yang sama-sama beriman) dengan gembira.

84:10. Adapun orang yang diberikan kitabnya dari belakang,

84:11. maka dia akan berteriak: "Celakalah aku".

84:12. Dan dia akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka).

84:13. Sesungguhnya dia dahulu (di dunia) bergembira di kalangan kaumnya (yang sama-sama kafir).

S U R A T   A L - H A Q Q A H

69:18. Pada hari itu kamu dihadapkan (kepada Tuhanmu), tiada sesuatu pun dari keadaanmu yang tersembunyi (bagi Allah).

69:19. Adapun orang-orang yang diberikan kepadanya kitabnya dari sebelah kanannya, maka dia berkata: Ambillah, bacalah kitabku (ini)".

69:20. Sesungguhnya aku yakin, bahwa sesungguhnya aku akan menemui hisab terhadap diriku.

69:21. Maka orang itu berada dalam kehidupan yang diridai,

69:22. dalam surga yang tinggi.

69:23. Buah-buahannya dekat,

69:24. (kepada mereka dikatakan): "Makan dan minumlah dengan sedap disebabkan amal yang telah kamu kerjakan pada hari-hari yang telah lalu".

69:25. Adapun orang yang diberikan kepadanya kitabnya dari sebelah kirinya, maka dia berkata: Wahai alangkah baiknya kiranya tidak diberikan kepadaku kitabku (ini),

69:26. Dan aku tidak mengetahui apa hisab terhadap diriku,

69:27. Wahai kiranya kematian itulah yang menyelesaikan segala sesuatu.

69:28. Hartaku sekali-kali tidak memberi manfaat kepadaku.

69:29. Telah hilang kekuasaanku dariku"

69:30. (Allah berfirman): "Peganglah dia lalu belenggulah tangannya ke lehernya."

69:31. Kemudian masukkanlah dia ke dalam api neraka yang menyala-nyala.

S U R A T   A L - I S R A '

17:14. "Bacalah kitabmu, cukuplah dirimu sendiri pada waktu ini sebagai penghisab terhadapmu."

S U R A T   Y U N U S

10:30. Di tempat itu (padang Mahsyar), tiap-tiap diri merasakan pembalasan dari apa yang telah dikerjakannya dahulu dan mereka dikembalikan kepada Allah Pelindung mereka yang sebenarnya dan lenyaplah dari mereka apa yang mereka ada-adakan.


S U R A T   A L - J A T S I Y A H

45:22. Dan Allah menciptakan langit dan bumi dengan tujuan yang benar dan agar dibalasi tiap-tiap diri terhadap apa yang dikerjakannya, dan mereka tidak akan dirugikan.

S U R A T   Q A A F

50:21. Dan datanglah tiap-tiap diri, bersama dengan dia seorang malaikat penggiring dan seorang malaikat penyaksi.

S U R A T   A L - H A S Y R

59:18. Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

S U R A T   A L - M U D A T S I R

74:38. Tiap-tiap diri bertanggung jawab atas apa yang telah diperbuatnya,

S U R A T   A T - T A G H A B U N

64:9. (Ingatlah) hari (yang di waktu itu) Allah mengumpulkan kamu pada hari pengumpulan (untuk dihisab), itulah hari (waktu itu) ditampakkan kesalahan-kesalahan. Dan barang siapa yang beriman kepada Allah dan mengerjakan amal saleh niscaya Allah akan menghapus kesalahan-kesalahannya dan memasukkannya ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah keberuntungan yang besar.

Alhamdulillah, pencerahan yang aku dapat ini sungguh luar biasa
Cahaya terang benderang menghapus pekatnya kegelapan …
Proses awal sampai akhirnya manusia tergambar dengan jelas, terimakasih ya Alloh, Engkau telah memberikan cahaya bagi diriku….


Bersambung ke Seri 3

Tidak ada komentar:

Blog Hidup Untuk Tafakur

Assalamualaikum Wr. Wb.

Terimakasih para pembaca yang Budiman atas kunjungannya di Blog Hidup Untuk Tafakur ini.

Posting tulisan ini merupakan tulisan original dan bukan merupakan hasil Copy Paste dari Blog , Website atau sumber manapun dengan tujuan untuk memberikan alternative lain dalam mempelajari Agama agar kita bisa menemukan Sang Maha Pencipta dan merasakan kehadiran-Nya dalam setiap helaan nafas sampai hembusannya yang terakhir.

Kecuali untuk Kategori Buku, IPTEK dan Pengetahuan Umum.

Mari kita hilangkan segala bentuk perbedaan dengan kembali kepada Al-Qur'an sebagai sumber rujukan.

Bila berkenan, silahkan memberikan komentar, saran dan kritik membangun, juga dipersilahkan untuk menyebarkan dan membagikan tulisan ini secara Gratis.

Dan bagi yang mau copy paste tulisan ini, mohon untuk mencantumkan sumbernya.

Mari kita berbagi Ilmu yang Bermanfaat untuk mendapatkan Rida dan Rahmat dari-Nya.

Wassalam
Penulis
Juhdi Mulyadi

Laman

Sumber Inspirasi Penulis



Belajar Memahami Hidup dengan Metode Tafakur dan Tadzakur.

S U R A T I B R A H I M

14:52. (Al Qur'an) ini adalah penjelasan yang sempurna bagi manusia, dan supaya mereka diberi peringatan dengannya, dan supaya mereka mengetahui bahwasanya Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa dan agar orang-orang yang berakal mengambil pelajaran.

S U R A T A L - I M R O N

3:18. Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang menegakkan keadilan. Para malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

S U R A T Y U N U S

10:24. Sesungguhnya perumpamaan kehidupan duniawi itu, adalah seperti air (hujan) yang Kami turunkan dari langit, lalu tumbuhlah dengan suburnya karena air itu tanam-tanaman bumi, di antaranya ada yang dimakan manusia dan binatang ternak. Hingga apabila bumi itu telah sempurna keindahannya, dan memakai (pula) perhiasannya, dan pemilik-pemiliknya mengira bahwa mereka pasti menguasainya, tiba-tiba datanglah kepadanya azab Kami di waktu malam atau siang, lalu Kami jadikan (tanaman tanamannya) laksana tanam-tanaman yang sudah disabit, seakan-akan belum pernah tumbuh kemarin. Demikianlah Kami menjelaskan tanda-tanda kekuasaan (Kami) kepada orang-orang yang berpikir.

S U R A T A L - B A Q A R A H

2:164. Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering) -nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; Sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.

S U R A T A L - I M R O N

3:191. (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.

S U R A T A R - R A ' D U

13:3. Dan Dia-lah Tuhan yang membentangkan bumi dan menjadikan gunung-gunung dan sungai-sungai padanya. Dan menjadikan padanya semua buah-buahan berpasang-pasangan, Allah menutupkan malam kepada siang. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.

S U R A T A R - R U U M

30:8. Dan mengapa mereka tidak memikirkan tentang (kejadian) diri mereka?, Allah tidak menjadikan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya melainkan dengan (tujuan) yang benar dan waktu yang ditentukan. Dan sesungguhnya kebanyakan di antara manusia benar-benar ingkar akan pertemuan dengan Tuhannya.


S U R A T A L - A ' R A F

7:146. Aku akan memalingkan orang-orang yang menyombongkan dirinya di muka bumi tanpa alasan yang benar dari tanda-tanda kekuasaan-Ku. Mereka jika melihat tiap-tiap ayat (Ku), mereka tidak beriman kepadanya. Dan jika mereka melihat jalan yang membawa kepada petunjuk, mereka tidak mau menempuhnya, tetapi jika mereka melihat jalan kesesatan, mereka terus menempuhnya. Yang demikian itu adalah karena mereka mendustakan ayat-ayat Kami dan mereka selalu lalai daripadanya.

7:179. Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk isi neraka Jahanam kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai.