Jumat, 07 Juni 2013

About Islam



About ISLAM




Oleh : Juhdi Mulyadi
Cikampek,07 Juni 2013








I. Arti kata ISLAM adalah Beserah Diri
Berserah diri kepada siapa ? ....ya hanya kepada Alloh , Tuhan Sang Pencipta Alam Semesta beserta Makhluk – makhluk di dalamnya termasuk kita !

Jadi inti dari Ajaran Islam adalah Berserah Diri dengan Ikhlas semata-mata karena Alloh.

Kenapa saya pilih Islam ?
Karena Islam itu dasar hukumnya jelas dan mendapatkan Legitimasi langsung dari Sang Maha Pencipta.

S U R A T   A L - I M R O N
3:19. Sesungguhnya agama (yang diridai) di sisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barang siapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya.

Selain itu Islam itu agama TAUHID yang benar – benar murni dan tidak akan pernah terkontaminasi.

S U R A T   A L - I K H L A S

112:1. Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa,

112:2. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.

112:3. Dia tiada beranak dan tiada pula diperanakkan,

112:4. dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia".


Setelah memasuki Agama Islam, maka berlaku perintah Alloh kepada orang – orang yang beriman untuk masuk ke dalam Islam secara keseluruhan alias tidak setengah - setengah.
Setengah – setengah artinya : Status beragama Islam namun tidak mau melakukan atau melaksanakan perintah – perintah Nya dan menjauhi larangan – larangan Nya.

S U R A T   A L - B A Q A R A H
2:208. Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhannya, dan janganlah kamu turut langkah-langkah setan. Sesungguhnya setan itu musuh yang nyata bagimu.

Meskipun sebenarnya tidak ada paksaan untuk memasuki Agama Islam! Karena hidup itu PILIHAN.

2:256. Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu barang siapa yang ingkar kepada Thaghut dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

II. Pondasi Keimanan dalam Islam yaitu terdapat dalam 6 Rukun Iman :
  1. Beriman kepada Alloh SWT
  2. Beriman kepada Malaikat – Malaikat Alloh
  3. Beriman kepada Kitab – Ktab Alloh
  4. Beriman kepada Rasul – Rasul Alloh
  5. Beriman kepada Hari Kiamat
  6. Beriman kepada Qada dan Qadar

III. Pondasi Keislaman yaitu terdapat dalam 5 Rukun Islam :
  1. Syahadat
  2. Shalat
  3. Zakat
  4. Puasa
  5. Haji ( Bagi orang yang mampu melakukan perjalanan )

Jati diri orang Islam adalah menjalankan Rukun Iman dan Rukun Islam di atas dengan Ikhlas sepenuh hati dan kesadaran penuh.
Hal ini tidak bisa diwujudkan tanpa Keimanan yang tinggi, makanya bisa kita saksikan aktual yang terjadi di keseharian bahwa banyak orang yang berstatus agama Islam namun mereka tidak melaksanakan Shalat, Zakat dan Puasa bahkan mereka lebih memilih hidup dalam kemaksiatan.

Mereka tidak menyadari bahwa Hidup adalah Ujian.

S U R A T   A L - I N S A A N

76:2. Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur yang Kami hendak mengujinya (dengan perintah dan larangan), karena itu Kami jadikan dia mendengar dan melihat.

Sebagai Manusia, berbuat baik saja tidaklah cukup karena setiap Agama pasti mengajarkan untuk berbuat kebaikan, kalaulah hal ini saja yang menjadi acuan untuk pengadilan di akhirat maka agama itu tidak berarti apapun. Artinya Orang yang berbuat baik akan masuk Surga meski dengan latar belakang agama apapun.

Hal ini tentunya sangat bertentangan dengan logika, diantara sekian banyak agama yang ada di muka bumi ini maka pilihan berdasarkan teori kemungkinan adalah sbb :

1. Semua Agama itu benar …… Tidak mungkin
2. Semua Agama itu Salah ........  Tidak mungkin ( Benar menurut Atheis )
3. Agama yang Benar lebih dari satu ....... Tidak mungkin
4. Hanya Satu Agama yang Benar ...... Mungkin

Seperti halnya dalam kehidupan di Dunia ini dimana setiap perlombaan  akan menghasilkan ” Juara 1 ” hanya satu saja. Kalau juara 1-nya ada dua , maka jadinya aneh......
Begitu pula presiden, kalau seandainya dalam satu negara itu ada dua presiden maka apa yang akan terjadi ?

Dengan demikian kita harus mencari mana Agama yang paling benar.
Coba simak ayat berikut ini :

S U R A T   A L - I M R O N

3:85. Barang siapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.

S U R A T   A R - R U U M

30:43. Oleh karena itu, hadapkanlah wajahmu kepada agama yang lurus (Islam) sebelum datang dari Allah suatu hari yang tak dapat ditolak (kedatangannya): pada hari itu mereka terpisah-pisah.

Hanya satu agama yang benar, tentunya ini sudah terjawab di Surat Al Imron 3:85, kalau memilih agama selain Islam maka ia akan RUGI.

S U R A T   A L - A N ' A A M

6:12. Katakanlah: "Kepunyaan siapakah apa yang ada di langit dan di bumi?" Katakanlah: "Kepunyaan Allah". Dia telah menetapkan atas diri-Nya kasih sayang. Dia sungguh-sungguh akan menghimpun kamu pada hari kiamat yang tidak ada keraguan terhadapnya.  Orang-orang yang merugikan dirinya, mereka itu tidak beriman.

Mari Kita introspeksi dengan mencermati  dua ayat dalam Surat Huud berikut :

S U R A T   H U U D

11:15. Barang siapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan.

11:16. Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat, kecuali neraka dan lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan?

Marilah kita gunakan semua fasilitas yang telah Alloh berikan kepada kita , jangan sampai kena teguran seperti dalam surat Al-A’RAF berikut :

S U R A T   A L - A ' R A F

7:179. Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk isi neraka Jahanam kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi.  Mereka itulah orang-orang yang lalai.

Namun….apakah setelah kita beragama Islam lantas kita akan dijamin masuk Surga ?
Oh...belum tentu
Karena ada kewajiban – kewajiban yang harus dijalankan oleh orang Islam , diantaranya :

1. Perintah Salat dan Zakat

S U R A T   A L - B A Q A R A H
2:110. Dan dirikanlah salat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahalanya pada sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan.

S U R A T   A N - N I S A '
4:103. Maka apabila kamu telah menyelesaikan salat (mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah salat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya salat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.

S U R A T   T H A H A
20:14. Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah salat untuk mengingat Aku.

2. Perintah Berpuasa

S U R A T   A L - B A Q A R A H
2:183. Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

2:184. (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barang siapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barang siapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

2:185. (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat inggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.

3. Perintah Ber-Haji

S U R A T   A L - I M R O N
3:97. Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, (di antaranya) maqam Ibrahim; barang siapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah dia; mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah; Barang siapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.

Dan lain-lain

Apakah dengan begitu banyaknya Perintah, sengaja dibuat Alloh untuk menyulitkan manusia ?
Jawabannya bisa …. Ya, bisa …. Tidak
Supaya jelas, mari kita simak keterangan di surat Al-Baqarah ayat 45 – 46 di bawah ini.

S U R A T   T H A H A
20:2. Kami tidak menurunkan Al Qur'an ini kepadamu agar kamu menjadi susah;

S U R A T   A L - B A Q A R A H

2:45. Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) salat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk,

2:46. (yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya.











Demikianlah

Kehidupan di dunia ini hanya sebentar saja

Kita tidak tahu kapan Ajal akan menjemput

Maka...

Segeralah bertindak dan mengambil keputusan

Agar kita tidak menyesal suatu saat nanti ...........

Coba simak dan renungi Surat Al – Qiyamah berikut ini :


S U R A T   A L - Q I Y A M A H

75:1. Aku bersumpah dengan hari kiamat,

75:2. dan Aku bersumpah dengan jiwa yang amat menyesali (dirinya sendiri).

75:3. Apakah manusia mengira, bahwa kami tidak akan mengumpulkan (kembali) tulang belulangnya?

75:4. Bukan demikian, sebenarnya Kami kuasa menyusun (kembali) jari jemarinya dengan sempurna.

75:5. Bahkan manusia itu hendak membuat maksiat terus menerus.

75:6. Ia bertanya: "Bilakah hari kiamat itu?"

75:7. Maka apabila mata terbelalak (ketakutan),

75:8. dan apabila bulan telah hilang cahayanya,

75:9. dan matahari dan bulan dikumpulkan,

75:10. pada hari itu manusia berkata: "Ke mana tempat lari?"

75:11. Sekali-kali tidak! Tidak ada tempat berlindung!

75:12. Hanya kepada Tuhanmu sajalah pada hari itu tempat kembali.

75:13. Pada hari itu diberitakan kepada manusia apa yang telah dikerjakannya dan apa yang dilalaikannya.

75:14. Bahkan manusia itu menjadi saksi atas dirinya sendiri,

75:15. meskipun dia mengemukakan alasan-alasannya.

75:16. Janganlah kamu gerakkan lidahmu untuk (membaca) Al Qur'an karena hendak cepat-cepat (menguasai) nya.

75:17. Sesungguhnya atas tanggungan Kami-lah mengumpulkannya (di dadamu) dan (membuatmu pandai) membacanya.

75:18. Apabila Kami telah selesai membacakannya maka ikutilah bacaannya itu.

75:19. Kemudian, sesungguhnya atas tanggungan Kami-lah penjelasannya.

75:20. Sekali-kali janganlah demikian. Sebenarnya kamu (hai manusia) mencintai kehidupan dunia,

75:21. dan meninggalkan (kehidupan) akhirat.

75:22. Wajah-wajah (orang-orang mukmin) pada hari itu berseri-seri.

75:23. Kepada Tuhannyalah mereka melihat.

75:24. Dan wajah-wajah (orang kafir) pada hari itu muram,

75:25. mereka yakin bahwa akan ditimpakan kepadanya malapetaka yang amat dahsyat.

75:26. Sekali-kali jangan. Apabila nafas (seseorang) telah (mendesak) sampai ke kerongkongan,

75:27. dan dikatakan (kepadanya): "Siapakah yang dapat menyembuhkan?",

75:28. dan dia yakin bahwa sesungguhnya itulah waktu perpisahan (dengan dunia),

75:29. dan bertaut betis (kiri) dengan betis (kanan),

75:30. kepada Tuhanmulah pada hari itu kamu dihalau.

75:31. Dan ia tidak mau membenarkan (Rasul dan Al Qur'an) dan tidak mau mengerjakan salat,

75:32. tetapi ia mendustakan (Rasul) dan berpaling (dari kebenaran),

75:33. kemudian ia pergi kepada ahlinya dengan berlagak (sombong).

75:34. Kecelakaanlah bagimu (hai orang kafir) dan kecelakaanlah bagimu,

75:35. kemudian kecelakaanlah bagimu (hai orang kafir) dan kecelakaanlah bagimu.

75:36. Apakah manusia mengira, bahwa ia akan dibiarkan begitu saja (tanpa pertanggungjawaban)?

75:37. Bukankah dia dahulu setetes mani yang ditumpahkan (ke dalam rahim),

75:38. kemudian mani itu menjadi segumpal darah, lalu Allah menciptakannya, dan menyempurnakannya,

75:39. lalu Allah menjadikan daripadanya sepasang: laki laki dan perempuan.

75:40. Bukankah (Allah yang berbuat) demikian berkuasa (pula) menghidupkan orang mati?

S U R A T   Y U N U S

10:4. Hanya kepada-Nya-lah kamu semuanya akan kembali; sebagai janji yang benar daripada Allah, sesungguhnya Allah menciptakan makhluk pada permulaannya kemudian mengulanginya (menghidupkannya) kembali (sesudah berbangkit), agar Dia memberi pembalasan kepada orang-orang yang beriman dan yang mengerjakan amal saleh dengan adil. Dan untuk orang-orang kafir disediakan minuman air yang panas dan azab yang pedih disebabkan kekafiran mereka.

10:56. Dia-lah yang menghidupkan dan mematikan dan hanya kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.

S U R A T   A L - A N B I Y A

21:35. Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati.  Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami lah kamu dikembalikan.

21:73. Kami telah menjadikan mereka itu sebagai pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami dan telah Kami wahyukan kepada mereka mengerjakan kebajikan, mendirikan sembahyang, menunaikan zakat, dan hanya kepada Kami lah mereka selalu menyembah,

Akhirnya...........semua diserahkan ke manusianya itu sendiri.....
Yang jelas suatu saat nanti , kita akan mempertanggung jawabkan semua yang telah kita lakukan di dunia ini.

S U R A T   A L - I S R A '

17:15. Barang siapa yang berbuat sesuai dengan hidayah (Allah), maka sesungguhnya dia berbuat itu untuk (keselamatan) dirinya sendiri; dan barang siapa yang sesat maka sesungguhnya dia tersesat bagi (kerugian) dirinya sendiri. Dan seorang yang berdosa tidak dapat memikul dosa orang lain, dan Kami tidak akan mengazab sebelum Kami mengutus seorang rasul.

S U R A T   A L - A N ' A A M

6:94. Dan sesungguhnya kamu datang kepada Kami sendiri-sendiri sebagaimana kamu Kami ciptakan pada mulanya, dan kamu tinggalkan di belakangmu (di dunia) apa yang telah Kami kurniakan kepadamu; dan Kami tiada melihat besertamu pemberi syafaat yang kamu anggap bahwa mereka itu sekutu-sekutu Tuhan di antara kamu. Sungguh telah terputuslah (pertalian) antara kamu dan telah lenyap daripada kamu apa yang dahulu kamu anggap (sebagai sekutu Allah).


S U R A T   M A R Y A M

19:95. Dan tiap-tiap mereka akan datang kepada Allah pada hari kiamat dengan sendiri-sendiri.

Semoga Bermanfaat
Berikut adalah referensi Al-Quran yang berkenaan dengan Masa depan kita .

S U R A T   A L - H A Q Q A H

69:25. Adapun orang yang diberikan kepadanya kitabnya dari sebelah kirinya, maka dia berkata: Wahai alangkah baiknya kiranya tidak diberikan kepadaku kitabku (ini),

69:26. Dan aku tidak mengetahui apa hisab terhadap diriku,

69:27. Wahai kiranya kematian itulah yang menyelesaikan segala sesuatu.

69:28. Hartaku sekali-kali tidak memberi manfaat kepadaku.

69:29. Telah hilang kekuasaanku dariku"

69:30. (Allah berfirman): "Peganglah dia lalu belenggulah tangannya ke lehernya."

69:31. Kemudian masukkanlah dia ke dalam api neraka yang menyala-nyala.

69:32. Kemudian belitlah dia dengan rantai yang panjangnya tujuh puluh hasta.

69:33. Sesungguhnya dia dahulu tidak beriman kepada Allah Yang Maha Besar.

69:34. Dan juga dia tidak mendorong (orang lain) untuk memberi makan orang miskin.

69:35. Maka tiada seorang teman pun baginya pada hari ini di sini.

69:36. Dan tiada (pula) makanan sedikit pun (baginya) kecuali dari darah dan nanah.

69:37. Tidak ada yang memakannya kecuali orang-orang yang berdosa.

69:38. Maka Aku bersumpah dengan apa yang kamu lihat.

69:39. Dan dengan apa yang tidak kamu lihat.

69:40. Sesungguhnya Al Qur'an itu adalah benar-benar wahyu (Allah yang diturunkan kepada) asul yang mulia,

69:41. dan Al Qur'an itu bukanlah perkataan seorang penyair. Sedikit sekali kamu beriman kepadanya.

69:42. Dan bukan pula perkataan tukang tenung. Sedikit sekali kamu mengambil pelajaran daripadanya.

69:43. Ia adalah wahyu yang diturunkan dari Tuhan semesta alam.

S U R A T   A L - I N S Y I Q A Q

84:1. Apabila langit terbelah,

84:2. dan patuh kepada Tuhannya, dan sudah semestinya langit itu patuh,

84:3. dan apabila bumi diratakan,

84:4. dan memuntahkan apa yang ada di dalamnya dan menjadi kosong,

84:5. dan patuh kepada Tuhannya, dan sudah semestinya bumi itu patuh, (pada waktu itu manusia akan mengetahui akibat perbuatannya).

84:6. Hai manusia, sesungguhnya kamu telah bekerja dengan sungguh-sungguh menuju Tuhanmu, maka pasti kamu akan menemui-Nya.

84:7. Adapun orang yang diberikan kitabnya dari sebelah kanannya,

84:8. maka dia akan diperiksa dengan pemeriksaan yang mudah,

84:9. dan dia akan kembali kepada kaumnya (yang sama-sama beriman) dengan gembira.

84:10. Adapun orang yang diberikan kitabnya dari belakang,

84:11. maka dia akan berteriak: "Celakalah aku".

84:12. Dan dia akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka).

84:13. Sesungguhnya dia dahulu (di dunia) bergembira di kalangan kaumnya (yang sama-sama kafir).

84:14. Sesungguhnya dia yakin bahwa dia sekali-kali tidak akan kembali (kepada Tuhannya).

84:15. (Bukan demikian), yang benar, sesungguhnya Tuhannya selalu melihatnya.

84:16. Maka sesungguhnya Aku bersumpah dengan cahaya merah di waktu senja,

84:17. dan dengan malam dan apa yang diselubunginya,

84:18. dan dengan bulan apabila jadi purnama,

84:19. sesungguhnya kamu melalui tingkat demi tingkat (dalam kehidupan).

84:20. Mengapa mereka tidak mau beriman?,

84:21. Dan apabila Al Qur'an dibacakan kepada mereka, mereka tidak bersujud,

84:22. bahkan orang-orang kafir itu mendustakan (nya).

84:23. Padahal Allah mengetahui apa yang mereka sembunyikan (dalam hati mereka).

84:24. Maka beri kabar gembiralah mereka dengan azab yang pedih,

84:25. Tetapi orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka pahala yang tidak putus-putusnya.



Tidak ada komentar:

Blog Hidup Untuk Tafakur

Assalamualaikum Wr. Wb.

Terimakasih para pembaca yang Budiman atas kunjungannya di Blog Hidup Untuk Tafakur ini.

Posting tulisan ini merupakan tulisan original dan bukan merupakan hasil Copy Paste dari Blog , Website atau sumber manapun dengan tujuan untuk memberikan alternative lain dalam mempelajari Agama agar kita bisa menemukan Sang Maha Pencipta dan merasakan kehadiran-Nya dalam setiap helaan nafas sampai hembusannya yang terakhir.

Kecuali untuk Kategori Buku, IPTEK dan Pengetahuan Umum.

Mari kita hilangkan segala bentuk perbedaan dengan kembali kepada Al-Qur'an sebagai sumber rujukan.

Bila berkenan, silahkan memberikan komentar, saran dan kritik membangun, juga dipersilahkan untuk menyebarkan dan membagikan tulisan ini secara Gratis.

Dan bagi yang mau copy paste tulisan ini, mohon untuk mencantumkan sumbernya.

Mari kita berbagi Ilmu yang Bermanfaat untuk mendapatkan Rida dan Rahmat dari-Nya.

Wassalam
Penulis
Juhdi Mulyadi

Laman

Sumber Inspirasi Penulis



Belajar Memahami Hidup dengan Metode Tafakur dan Tadzakur.

S U R A T I B R A H I M

14:52. (Al Qur'an) ini adalah penjelasan yang sempurna bagi manusia, dan supaya mereka diberi peringatan dengannya, dan supaya mereka mengetahui bahwasanya Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa dan agar orang-orang yang berakal mengambil pelajaran.

S U R A T A L - I M R O N

3:18. Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang menegakkan keadilan. Para malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

S U R A T Y U N U S

10:24. Sesungguhnya perumpamaan kehidupan duniawi itu, adalah seperti air (hujan) yang Kami turunkan dari langit, lalu tumbuhlah dengan suburnya karena air itu tanam-tanaman bumi, di antaranya ada yang dimakan manusia dan binatang ternak. Hingga apabila bumi itu telah sempurna keindahannya, dan memakai (pula) perhiasannya, dan pemilik-pemiliknya mengira bahwa mereka pasti menguasainya, tiba-tiba datanglah kepadanya azab Kami di waktu malam atau siang, lalu Kami jadikan (tanaman tanamannya) laksana tanam-tanaman yang sudah disabit, seakan-akan belum pernah tumbuh kemarin. Demikianlah Kami menjelaskan tanda-tanda kekuasaan (Kami) kepada orang-orang yang berpikir.

S U R A T A L - B A Q A R A H

2:164. Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering) -nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; Sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.

S U R A T A L - I M R O N

3:191. (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.

S U R A T A R - R A ' D U

13:3. Dan Dia-lah Tuhan yang membentangkan bumi dan menjadikan gunung-gunung dan sungai-sungai padanya. Dan menjadikan padanya semua buah-buahan berpasang-pasangan, Allah menutupkan malam kepada siang. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.

S U R A T A R - R U U M

30:8. Dan mengapa mereka tidak memikirkan tentang (kejadian) diri mereka?, Allah tidak menjadikan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya melainkan dengan (tujuan) yang benar dan waktu yang ditentukan. Dan sesungguhnya kebanyakan di antara manusia benar-benar ingkar akan pertemuan dengan Tuhannya.


S U R A T A L - A ' R A F

7:146. Aku akan memalingkan orang-orang yang menyombongkan dirinya di muka bumi tanpa alasan yang benar dari tanda-tanda kekuasaan-Ku. Mereka jika melihat tiap-tiap ayat (Ku), mereka tidak beriman kepadanya. Dan jika mereka melihat jalan yang membawa kepada petunjuk, mereka tidak mau menempuhnya, tetapi jika mereka melihat jalan kesesatan, mereka terus menempuhnya. Yang demikian itu adalah karena mereka mendustakan ayat-ayat Kami dan mereka selalu lalai daripadanya.

7:179. Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk isi neraka Jahanam kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai.